Apel Pasukan Kesiapan Hadapi Ancaman Bencana HIDROMETEOROLOGI Dihadiri Langsung Polres Garut


METROAKTUALNEWS.COM//KAB.GARUT : Dalam peringatan bulan pengurangan resiko bencana dan kesiapan menghadapi ancaman Bencana Hidrometeorologi. Polres Garut menggelar Apel Pasukan bertempat di Lapangan Setda Kabupaten Garut Jl. Pembangunan, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong, Kidul, Kabupaten Garut. Rabu (26/10/2022).

Bertindak selaku Pimpinan Apel Sekda Garut Drs. H. Nurdiana S.H., M.H, dan Hadir dalam kegiatan tersebut, Asda 1 Drs. Ganda Permana. M.Si., Wakapolres Garut Kompol Yopi Mulyawan Suryawibawa, S.Pd, S.I.K, C.P.H., Dandenpom lll/2 Garut Letkol Cpm Wiana Warsanah, S.H., Kalaksa BPBD Drs. Rd. Satria Budi, M.Si., Ketua MUI Garut K.H Aceng Sirodjul Munir, Kabag Ops Kompol Iwan Setiawan, SH., Kapolsek Tarogong Kidul Kompol Alit Kadarusman, S.Pd., M.Si., Kadinkes Kab. Garut dr. Maskut Farid M., Kadis Diskominfo H. Muksin, Kadishub H. Aah Anwar Saefuloh, S.Sos., ST., M.Si., Kadis Pertanian, Ka Damkar, Ka Satpol PP Drs. H. Bambang Hafid, M.Si., SKPD Kab. Garut, Danki Brimob Subden 4 Iptu Gungun Gunawan, Para Kapolsek Jajaran Polres Garut, , Tim Penggerak PKK, beserta Personil Gabungan sebanyak 200 Orang.

Sekda Garut Nurdin Yana dalam arahany, menyampaikan, semua stakeholder tentunya memiliki tanggung jawab lebih untuk keadaan wilayah Kabupaten Garut, termasuk pada pengendalian bencana dan Kebencanaan.

” kita tidak akan tahu kapan terjadi tetapi dalam tekhnologi kita dapat meramalkan Prediksi serta memiliki kesiap siagaan dalam menangani bencana terjadi, yaitu Mitigasi bencana merupakan segala upaya untuk mengurangi risiko bencana, Program mitigasi bencana dapat dilakukan melalui pembangunan secara fisik maupun peningkatan kemampuan menghaapi ancaman bencana,”ungkapnya.

Menurutnya, Kabupaten Garut memiliki ancaman kebencanaannya lebih lengkap diantaranya, Gunung berapi, Laut, Curah Hujan, Pergeseran Tanah, dalam hal ini Kabupaten Garut tidak menutupi kemungkinan terjadi Hidrometeorologi yaitu sebuah bencana yang diakibatkan oleh parameter-parameter meteorologi, seperti curah hujan, kelembapan, temperatur, dan angin puting beliung begitupun dengan petir.

“Terimakasih kepada TNI, Polri yang telah diwadahi oleh BPBD dapat terlaksana kegiatan Apel Kesiap Siagaan, serta kepada seluruh TNI, Polri dan Relawan menjadi lini terdepan pada Penyelamatan jiwa dan harta benda, terpenting penyelamatan jiwa pada kejadian bencana, Mitigasi,”ujar Sekda.

Sekda Garut mengajak Kepada semua pihak Ayo lakukan langkah-langkah kongkrit yaitu mitigasi di lapangan. “dengan bersinergi berbagai unsur yang bersentuhan langsung dengan warga masyarakat ( Babinsa, Bhabinkamtibmas, Desa, Kecamatan serta Relawan Lainya),”paparnya.

Dalam apel gelar pasukan itu, Sekda Garut Nurdin Yana menyampaikan Ucapan terimakasih karena Kabupaten Garut telah mendapatnya reward penghargaan dalam bidang kesiapsiagaan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya bagi kabupaten Garut, karena Pemkab Garut mendapatkan reward penghargaan dalam bidang kesiapsiagaan,”pungkasnya.

Sekira Pukul 08.30 WIB, Kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana dan Kesiapan Menghadapi Ancaman Bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Garut Tahun 2022 telah selesai, Situasi dalam keadaan aman dan terkendali.

( Bagas P - Red )

Posting Komentar

0 Komentar