LSM GEOlandforest Envirotment educasion) siap mendukung Sumedang hijau.


Metroaktual news com 
Sumedang,satu lagi LSM ,yang bergerak di bidang lingkungan yang patut mendapat dukungan serta partisipasi dari berbagai pihak terutama pemerintah daerah kab Sumedang khususnya.
Selasa 27 des 2022  awak media secara langsung mewawancarai  ,sdr,mu hammad supendi SE ,AK selaku ketua LSM GEOland forest  envirotment education yang beralamat di jalan usaha tani no ,1RT 06/19  ,Dusun Tonjong blok awilega desa hariang kecr buahdua kab  Sumedang kode pos 45392.
Beliau menerangan kepads awak media ,dimana  kiprahnya selama ini adalah,

Pada tahun ini 2022 bekerjasama dengan pembibitan modern Rumpin di bawah binaan BP DAS  citarum ciliwung dengan 15 rb bibit yang disebar ke 5 Kecamatan, antara lain Kec.Tanjungkerta,Kec.Tanjungmedar,Kec.Kec.Conggeang ,Kec.Buahdua dan Kec Surian.

GEOlandforest juga membina kelompok ternak / tani Awilega dan mendapatkan KBR 35 rb Pohon yang tersebar di Kasmen Area DAS Cijurey ,DAS Cimanuk yang berada di sekitar wilayah Bendung Cikandung  Girang dengan Total luas 8,7 Hektar, juga di sebar ada yang keluar Desa sekitar 8% yang ditanam di Agrowisata Kelapa Ciung Desa Citaleus Kec.Buahdua yang ditanam  kerja bersama Forkopincam Kec.Buahdua.

 Selanjutnya kami juga tetap eksis dilingkungan seperti mengadakan pasar leuweung Kiara Payung di Jatinangor serta pasar Leuweung Tiis  Cimalaka yang di motori CDK IX.

Termasuk pada Puncak hari tanam Pohon Dunia,Gerakan   Nasional Tanam Pohon,Program Pemulihan DAS  dan Program penanaman Satu Juta Pohon Tahun 2022 mengadakan Puncak Acara Tanggal 27 november  2022 dengan Pembagian Bibit dan Tanam.Mengundang 24  instansi kedinasan dan BUMN yang Berlokasi dan bekerjasama dengan Pondok Pesantren Ibnu Katsir 6 Jagat alas,
Saat ditanya oleh awak media terkait apa saja yang dikelola oleh GEOland forest?,sdr supendi yang lebih akrab dipanggil Abah, menjelaskan
kepada awak media bahwa
Geolandfloret mencoba membuat kebun bibit permanen sesuai gagasan dari salah satu anggota Komisi 2 DPRD Kab.Sumedang  Asep Sumaryana ,melalui BUMD Kampung Makmur dapat bekerjasama  membuat Bibit Permanen untuk penanganan progran Rangga Gede yang dinamakan Program Gede Pang rasa untuk kawasan Jatigede ,Cipanas,Rengrang dan Sadawarna yang pertahun membutuhkan minimal 100rb pohon /Tahun .
Diakhir pembicaraanya,
kaminharapkan  kepada Pemerintah Kab.Sumedang dan BUMN yang berhubungan langsung dengan PJT2 dan BWWS dapat bekerjasama untuk membuat kebun bibit permanen untuk memenuhi kebutuhan di ,4 zona tersebut ( Gede Pangrasa).

Dengan Dukungan CDK IX dan Balai P2H Cirebon dapat menyelengarakan yang namanya Bank Pelok ( Side Bank)  dimana Kami juga membawahi binaan binaan KTH seperti KTH  Bungur Sari seta KTH lainya yang akan menjadikan pembibitan permanen.

harapan semoga Geolandflorest menjadi sentra pembibitan permanen serta dukungan dari semua pihak yang kami harapkan.

( Eddy Ms )

Posting Komentar

0 Komentar