Tidak semua hari disebutkan dalam Alquran. Salah satu hari yang disebutkan dalam Alquran adalah hari Sabtu"


(Rahasia Hari Sabtu)
Metroaktual news com 
KABUPATEN TASIKMALAYA.(28/05/2023). Asal-usul nama "Sabtu" berasal dari bahasa Latin, yaitu "Dies Saturni" yang berarti "Hari Saturnus". Saturnus adalah dewa Romawi dari pertanian, kekayaan, dan waktu. Pada zaman kuno, orang Romawi merayakan festival Saturnalia pada bulan Desember untuk menghormati dewa Saturnus.

Hari Sabtu adalah hari istirahat, berhenti bekerja, dan hari beribadatnya umat Yahudi. Sabtu adalah hari ke-7 yang diperingati sebagai hari Sabat, hari perhentian Tuhan setelah menciptakan bumi dan seisinya (Alkitab).

Dalam Alquran, hari Sabtu disebutkan sebagai hari ibadahnya Bani Israel atau umat Yahudi. Beberapa peristiwa besar terjadi pada hari Sabtu. Hal lain menyebutkan Seperti dikutuknya kaum Yahudi menjadi kera saat meninggalkan hari ibadah mereka untuk melaut.

Dalam surah Al-Baqarah ayat 65. "Dan sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar diantaramu pada hari Sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka, 'Jadilah kamu kera yang hina'".

Dan surah An-Nisa ayat 47 berikut. "Hai orang-orang yang telah diberi Alkitab, berimanlah kamu kepada apa yang telah Kami turunkan (Alquran) yang membenarkan Kitab yang ada pada kamu sebelum Kami mengubah muka (mu), lalu Kami putarkan ke belakang atau Kami kutuki mereka sebagaimana Kami telah mengutuki orang-orang (yang berbuat maksiat) pada hari Sabtu. Dan ketetapan Allah pasti berlaku."

Hadis yang diriwayatkan Ahmad, mengatakan  ada tiga hari yang istimewa bagi masing-masing umat. Yakni hari Jumat untuk umat Islam, Sabtu untuk Yahudi, dan Minggu untuk umat Kristen. Hal ini sesuai hadis Nabi Muhammad SAW.
Dilansir dari laman FAJAR.CI.ID. Peringatan hari lahir Rasulullah Saw yang kemudian dikenal sebagai Maulid Nabi jatuh pada Sabtu.

Allah memuliakan tujuh hari ini kepada tujuh Nabi AS, misalnya Allah memuliakan nabi Musa As dengan hari sabtu.

Sabtu adalah hari istirahat atau bisa dibilang "hari sabat" bagi kaum Yahudi.
Nama lain lagi untuk hari ini adalah Saniscara, yang diambil dari bahasa Sanskerta dan berarti planet Saturnus, mirip dengan pengertian dalam beberapa bahasa-bahasa di Eropa, misalnya dalam bahasa Inggris, hari Sabtu adalah "Saturday" (dari "Saturn" (=Saturnus) + "day" (=hari))( Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas).

Menurut kamus Ma'ani:
السَّبْتُ الراحة والدهر وحلق الرأس وضرب العنق ومنه يسمى يوم السبت لانقطاع الأيام عنده
Sabtu bermakna; istirahat, masa, memotong rambut, memenggal leher, sebagaimana dalam Surat An-Naba' _"dan kami jadikan tidurmu untuk istirahat," (An-Naba’ 78:9)
Semoga bermanfaat.

Sumber Dari Berbagai Literatur Pengetahuan Islam Dan Pustaka Pribadi.

Iwan Singadinata.
#semuaorangtanpakecuali


Ajat Sudrajat 

Posting Komentar

0 Komentar