BAZNAS DAN PEMERINTAH KAB MAJALENGKA SALURKAN PROGRAM MAJALENGKA PINTAR


Majalengka.MA.
Pemerintah Kab.Majalengka bersama Baznas Kab.Majalengka salurkan Program "Majalengka Pinter", program Majalengka Pinter didalamnya terdapat bantuan sarana keagaaman Masjid/Mushola Sekolah, Insentif Guru Honorer dan Penjaga Sekolah Tingkat SD dan SMP Negeri, serta Insentif Guru Honorer Himpaudi, IGTK dan IGRA se- Kab.Majalengka, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd.,didampingi Ketua Baznas Kab.Majalengka,  H. Agus Yadi Ismail., secara simbolis memberikan bantuan kepada sejumlah Sekolah, di Islamic Center, Rabu (20/09/2023). 

Turut serta hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Majalengka, Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, Ketua Baznas Kab.Majalengka beserta Komisioner serta jajarannya, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Pendidikan Kab.Majalengka, KA Kemenag Majalengka, Pimpinan Cabang Bank BJB Majalengka, Ketua IGTKI, Ketua Himpaudi, para Kepala Sekolah dan Guru Honorer penerima Bantuan. 

Dalam laporannya, Ketua Baznas Kab.Majalengka H. Agus Yadi Ismail mengatakan bahwa melalui program Majalengka Pinter, Baznas Kab.Majalengka akan menyalurkan bantuan kepada para Guru Honorer dan penjaga sekolah dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama Kab.Majalengka.

Agus menambahkan, program yang akan didistribusikan kali ini merupakan hasil dari kerjasama yang luar biasa antara Pemkab Majalengka dengan Baznas Kab.Majalengka, melalui zakat, infaq dan sodakoh ASN di Kab.Majalengka yang telah terkumpul di Baznas data per Agustus 2023 mencapai Rp. 10.178.000.000, dan untuk uang hasil zakat fitrah 1.444 H dilingkungan Dinas Pendidikan Kab.Majalengka terkumpul sebesar Rp. 1.100.000.000, (1,1 Milyar) dan dari lingkup Kantor Kementerian Agama Kab.Majalengka sebesar Rp.179.000.000.

Penyaluran bantuan kali ini bersumber dari hasil Zakat fitrah dari ASN yang dikumpulkan ke Baznas Kab.Majalengka adapun bantuan diberikan berupa insentif, selain itu bantuan juga diberikan untuk Masjid dan Mushola sekolah, untuk bantuan Masjid dan Mushola Sekolah sebanyak 8 masjid dan mushola SD dan SMP dengan total pengeluaran sebesar Rp. 930.000.000, sedangkan untuk insentif guru honorer SD sebanyak 454 guru honorer dan penjaga sekolah SD sebanyak 70 orang dengan total pengeluaran sejumlah Rp.131.000.000, untuk insentif guru honorer SMP sebanyak 167 orang dan penjaga sekolah sebanyak 24 orang dengan pengeluaran sejumlah Rp. 47.500.000. Sedangkan untuk insentif guru TK dilingkungan IGTKI sebesar Rp. 100.000.000 dan insentif guru honorer PAUD sebesar Rp. 50.000.000.

Sementara itu untuk bantuan Masjid dan Mushola dilingkungan Kementerian Agama Kab.Majalengka sebanyak 3 sekolah dengan masing-masing mendapat Rp. 50.000.000, untuk insentif guru MI sebanyak 11 orang dan penjaga sekolah 7 orang dengan total Rp. 4.500.000, insentif guru honorer MTS sebanyak 110 orang dan penjaga sekolah 15 orang total biaya Rp. 31.250.000, untuk insentif guru MAN sebanyak 38 orang dan penjaga sekolah 3 orang sejumlah Rp. 10.250.000, 

"Untuk anggaran seluruhnya dalam penyaluran bantuan untuk insentif guru honorer, penjaga sekolah dan bantuan Masjid/Mushola di lingkungan Dinas Pendidikan  dan Kementerian Agama Kab.Majalengka dengan total pengeluaran sejumlah Rp. 1.500.000.000 (1, 5 Milyar Rupiah)", ucap Ketua Baznas Kab.Majalengka.

"Melalui Program pendayagunaan umat Baznas Kab.Majalengka selalu mengacu kepada 5 program Prioritas yaitu, Majalengka Pinter, Majalengka Bageur, Majalengka, Cageur, Majalengka Bener dan Majalengka Singer, di sepanjang tahun 2023 Baznas Kab.Majalengka telah menyalurkan bantuan kepada imam masjid, guru ngaji, marbot dan pemulasara jenazah sejumlah 2.744 orang dengan total biaya mencapai Rp 2.968.000.000, kemudian untuk bantuan sembako sebanyak 5.000 paket sembako kepada masyarakat di 343 Desa Kelurahan se-Kab.Majalengka," Jelas Ketua Baznas. 

"Dengan seluruh program Baznas yang telah disampaikan, kami dari jajaran Baznas Kab.Majalengka mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasamanya kepada Pemerintah Kab.Majalengka dalam hal ini Bupati Majalengka, hal ini dilakukan untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di Kab.Majalengka guna mewujudkan Majalengka Raharja,"pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., mengapresiasi dan menyambut baik pendistribusian bantuan Baznas Kab. Majalengka melalui program Majalengka Pinter, program-program yang dilaksanakan oleh Baznas merupakan program dalam membangun umat dan memberikan kesejahteraan bagi umat, uang yang terkumpul dari umat kembali lagi diberikan kepada umat. 

Melalui kebijakan Bupati lewat Surat Keputusan Bupati yang mengatur tentang kewajiban ASN untuk menyisihkan sebagaian gajihnya untuk zakat Mal, 2,5℅ dari gajihnya diberikan dan dikumpulkan di Baznas, nanti uangnya dikelola Baznas dan dipergunakan lewat program-program Baznas untuk membantu umat di Kab.Majalengka yang salah satunya melalui program bantuan yang hari ini akan disalurkan yaitu "Majalengka Pinter".Dengan program ini jajaran Guru Honorer dan penjaga sekolah di lingkungan sekolah baik itu Disdik dan Kantor Kementerian Agama Kab.Majalengka akan mendapatkan bantuan. 

"Untuk itu saya berharap kemitraan Baznas dan Pemda Majalengka serta Kantor Kementerian Agama Majalengka harus terus dijaga dan di tingkatkan, Baznas hadir sebagai fasilitator untuk membantu umat di Majalengka lewat programnya, oleh karena itu saya minta  kepada jajaran Disdik Kab.Majalengna dan juga Kantor Kementiran Agama Kab.Majalengka untuk terus mensosialisasikan pentingnya mengeluarkan Zakat Mal dari para ASN nya, karena dari zakat tersebut nantinya akan dikembalikan lagi lewat program bantuan yang diberikan oleh Baznas ke sekolah-sekolah dan guru yang dianggap layak untuk diberikan bantuan,"pungkas Bupati.

( Ac )

Posting Komentar

0 Komentar