Gempa 4,8 skala richter menerjang Sumedang, Minggu 31 desember 2023.".

"Metroaktual news com 

Sumedang  gempa yang terjadi di Kabupaten Sumedang,  pertama terjadi pukul 14.23 wib,  dengan lokasi di wilayah Kelurahan kota kaler  Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang Jawa Barat. 

Kemudian terjadi gempa susulan sampai tiga kali yang mengakibatkan banyak rumah yang retak retak dan rusak dan mengakibatkan sekitar 53 rumah rusak berat di dusun Babakan hurip Kelurahan Kota kaler Kecamatan Sumedang utara, sekitar pukul 20,34
 wib. Hasil Analisa BMKG bahwa gempa ini berkekuatan M=4, 8 dengan episenter terletak pada 6,85 LS dan 107,94 BT,  atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 2 km Timur laut,  Kabupaten Sumedang  pada kedalaman 5 km,  dengan memperhatikan episenter dan kedalaman Hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi Dangkal akibat aktifitas SESAR aktif di wilayah setempat. Hingga pukul 20.55 gempa masih dirasakan. 

Menurut keterangan Humas RSUD Sumedang,  saudara Rudi   melalui tlp celular, ratusan pasien RSU di evakuasi keluar karena takut ambruk,  dan segera mendirikan tenda darurat dihalaman RSUD, pungkasnya. 

( Edy ms).

Posting Komentar

0 Komentar