Aliansi Wartawan Indonesia DPC Kab.Sumedang "Mengucapkan" Selamat Hari PERS NASIONAL 09 Februari 2023



www.metroaktualnews.com || KAB.SUMEDANG - Ketua AWI DPC Sumedang : M.IIK.N,S.Ip.
Setiap tgl 9 Februari selalu di Peringati sebagai Hari PERS Nasional, untuk itu mari kita jadikan momentum Hari PERS Nasional pada tanggal 9 Februari 2023 sebagai Kejaya-an PERS di Indonesia, dimana pasca Era Reformasi bergulir tahun 1998, Kebebasan untuk menyampaikan pendapat baik secara lisan, tulisan dan aksi unjuk rasa di berikan ruang oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan lahirnya Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang PERS.

PERS merupakan salahsatu filar pembangunan di Negara Indonesia setelah Legislatif, Eksekutif dan udikatif. Maka peran dari para jurnalis/wartawan dalam menyampaikan informasi, hiburan dan berbagai kegiatan masyarakat menjadi penting agar terpublikasi sehingga di baca oleh para netizen/masyarakat (PUBLIK).

Berdasarkan UU No. 40/1999 telah lahir dan banyak berdiri lembaga dan Institusi penyiaraan PERS baik secara nasional, regional dan lokal, bahkan saking menjamurnya hampir di setiap daerah kabupaten/Kota, kita telah berdiri perusahaan penertiban media cetak, media elektronik (tv/radio) serta media online yang telah menghantarkan para milenial anak bangsa untuk berprofesi sebagai jurnalis/Reporter/wartawan.

Di Era zaman yang semakin global dan maju juga  teknologi yang semakin canggih, setiap pemberitaan di sajikan semakin Spektakuler dan cepat sehingga lahir media online yang bisa di akses dengan cepat setiap saat melalui internet lewat alat komunikasi Hand Phone.

Sesuai dengan fungsinya bahwa PERS merupakan fungsi Kontrolling untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja dari ke 3 filar Pembangunan (Legislatif, Eksekutif, Udikatif) maka menjadi salahsatu kebutuhan setiap warga masyarakat dalam mencari informasi tentang apa yang terjadi hari ini di dunia internasional, regional dan nasional.

Dengan menjamurnya para kuli tinta/jurnalis/, wartawan di setiap Kecamatan dan Kabupaten/Kota menjadi daya saing yang kurang mendidik dan kurang produktif yang akhirnya bisa mencoreng nama besar institusi PERS, maka pimpinan perusahaan dan pimpinan redaksi harus lebih selektif dalam merekrut para wartawan/jurnalis sehingga setelah mereka bergabung dengan perusahaan penerbitan media, mereka dapat menyuguhkan pemberitaan/informasi yang benar-benar di butuhkan oleh public/netizen.

Untuk memberikan penyemangat bagi para jurnalis, agar setiap perusahaan penerbitan media bisa melaksanakan pula hak dan kewajibannya untuk dapat mensejahterakan para karyawan/bawahannya karena wartawan juga adalah manusia yang punya beban dan tanggung jawab terhadap keluarganya.

KETUA AWI DPC KAB. SUMEDANG : 09 Febuari 2023

PERS BEBAS !! PERS BERMARTABAT ...

SELAMAT HARI PERS NASIONAL !! LEBIH MAJU DAN BERKEMBANG JAYALAH PERS INDONESIA SEPANJANG MASA

Posting Komentar

0 Komentar