PERINGATAN ISRA MI'RAJ NABI BESAR MUHAMMAD SAW TAHUN 1444 H / 2023 M

Metroaktual news com 
Peringatan Isra’ Mi’raj 1444 H/2023 M di lingkungan Polda Jabar dilaksanakan di Mushola Polres Kubar Darul Khoirot dengan mengusung tema “Semangat Isra’ Mi’raj Menguatkan Keimanan, Ketaqwaan dan Soliditas Guna Mewujudkan Polri Presisi”.

Peringatan Isra’ Mi’raj 1444 H / 2022 M dihadiri langsung Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Bariza Sulfi, Pejabat Utama Polda Jabar, Perwira serta Personel Polri Polda Jabar.

Wakapolda Jabar dalam sambutannya menyampaikan, berharap kepada semua personil anggota Polda Jabar bisa memaknai dan mengamalkan peringatan Isra Mi'raj dengan tingkah laku dan perbuatan seperti yang di contohkan oleh Baginda Rasulullah Nabi Besar Muhammad SAW sehingga dalam menjalani kehidupan didunia dan dalam pelaksanaan tugas nya senantiasa dilindungi oleh Allah SWT serta mendapatkan ketenangan lahir dan bathin

Dalam tausiyahnya, Habib Rifky Alaydrus menyampaikan bahwa di dalam Alquran Surah yang ke-17 ayat yang pertama didahului dengan kata kunci Subhana oleh karena memang peristiwa Isra Miraj adalah peristiwa menakjubkan makanya tidak ada ayat di dalam Alquran dimulai kata subhanallah melainkan hanya peristiwa Isra Miraj.

“Allah SWT melalui Alquran menginformasikan kepada kita peristiwa Isra Miraj itu kata kuncinya ada 8 kalau sudah tahu kata kuncinya ini maka dengan Keimanan, Keyakinan dan Ketaqwaan kita kepada Allah menerima peristiwa ini, ada 8 kata kunci di dalam ayat yang akan menuntun pemahaman kita tentang perjalanan Isra Miraj Rasulullah SAW yaitu Maha Suci Allah (Subhanalladzii), Memperjalankan (asraa), Hamba-Nya (abdihi), Malam Hari (Laila), Dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha (Minai masjid al-haraam ilal masjid al-Aqsha), Kami berkati sekelilingnya (baaraknaa haulahu), Tanda-Tanda kebesaran Allah (Iinuriyahu min aayaatina), Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat (innahu huwassamiiul bashiir),” paparnya.

Ketika membahas tentang Isra Miraj Nabi dan selain mengingatkan kembali pada perjalanan Isra Miraj Allah juga memberikan penegasan dalam firman itu, bahwa seluruh ciptaan Allah di alam semesta ini adalah tanda-tanda kebesaran dan Keagungan Allah dan dengan tanda-tanda itu seorang mukmin bisa melakukan dzikir sekaligus berpikir sehingga menghasilkan kedekatan diri kepada Allah Azza wa Jalla.

Hikmah Isra Miraj perjalanan Rasul ke langit pada malam hari lainnya yakni sebagai bentuk ujian para muslim untuk percaya hal ghaib maksudnya, hal ghaib yang susah dicerna dengan akal sehat harus dipercayai. Hal ini sebagai penanda ujian bagi orang yang diuji apakah tetap ingkar atau tetap beriman.

( Red )

Posting Komentar

0 Komentar