Polisi RW Di Majalengka Menyambangi Warga Mendengarkan Langsung Keluhan Kamtibmas Di Desa Garawastu


Metroaktualnews.com // Majalengka Program Polisi RW merupakan program menghadirkan polisi di tiap-tiap RW untuk membangun interaksi positif yang konsisten antara polisi dan masyarakat.

Polisi RW bertugas sebagai petugas penghubung (liaison officer/LO) Polri di tiap RW. Sebagai LO, tugas Polisi RW untuk mendengarkan, menerima, berempati terhadap keluh kesah, keresahan, keinginan, harapan dan permasalahan di masyarakat.

Terpantau Kanit Samapta Polsek Sukahaji Polres Majalengka AIPTU Riyana sekaligus Polisi RW di Desa Garawastu Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka menyambangi rukun warga (RW) yakni RW 1, RW 2 dan RW 3 di daerah itu untuk mendengar langsung keluhan terkait keamanan, ketertiban, masyarakat (kamtibmas). Jumat (12/5/2023).

Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto melalui Kapolsek Sukahaji AKP Rudy Djunardi menyampaikan bahwa kegiatan Polisi RW merupakan program menghadirkan polisi di tiap-tiap RW untuk membangun interaksi positif yang konsisten antara polisi dan masyarakat.

Polisi RW ini penting untuk mendengar langsung dari para pengurus RW, para Ketua RT dan juga para tokoh masyarakat serta struktur sosial yang ada di masyarakat mengenai ketertiban dan keamanan. Jelas Kapolsek.

Kegiatan ini menurut dia dapat membantu pihak kepolisian di lapangan untuk berdiskusi sehingga dapat memberikan solusi jangka pendek atas permasalahan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Majalengka khususnya wilayah hukum Polsek Sukahaji.

Menurut Kapolsek, pencegahan kejahatan harus dilakukan secara bersama-sama dan untuk itu kepolisian Resor Majalengka mengedepankan pendekatan polisi harus hadir di tengah warga. (proactive policing).

Hal ini, kata dia, dengan cara meningkatkan kehadiran polisi di tengah masyarakat, Sementara itu, Ketua RW 01 Desa Garawastu Nuryamin mengapresiasi kegiatan itu karena warga dapat menyampaikan secara langsung kekhawatiran mereka atas ketertiban dan keamanan.


"Tentu Pak Kapolres dan Pak Kapolsek tidak sendiri karena ada tiga pilar sehingga mereka akan bekerja sama untuk mencarikan suatu solusi yang efektif dan bisa langsung dirasakan oleh warga," katanya.


RED // BIDHUMAS POLSEK SUKAHAJI POLRES MAJALENGKA POLDA JABAR

Posting Komentar

0 Komentar