Kanit Intelkam Polsek Cihurip Polres Garut Bantu Proses Evakuasi ODGJ Yang Melahirkan Di Kebun


Metroaktualnews.com - Kab.Garut
– Aiptu Revie Budiman Kanit Intelkam Polsek Cihurip Polres Garut berhasil menyelamatkan seorang ibu yang merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa  (ODGJ) yang dimana ia melahirkan seorang bayi perempuan di wilayah perkebunan. Senin (16/10/2023).

Singkat cerita Revie memiliki kecurigaan karena tidak melihat seorang ibu ODGJ yang biasanya terlihat di area perkebunan Kampung Ciparay Desa Mekarwangi Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut. Atas dasar itu Revie melakukan inisiatif untuk memeriksa dan mencari keberadaan ibu tersebut.


Setelah memeriksa area perkebunan setempat, Revie menemukan si ibu yang tidak diketahui namanya itu sedang mengalami kontraksi dan sepertinya hendak melahirkan di dalam sebuah saung (gubuk) area perkebunan.

Sontak Revie bergegas menenangkan ibu tersebut dan segera menghubungi pihak Puskesmas Cihurip untuk melakukan penanganan persalinan, setibanya beberapa perawat di lokasi pada malam hari kemudian petugas Puskesmas bersama Revie melakukan proses persalinan darurat.

“Alhamdulillah bayi berkelamin perempuan telah lahir dengan selamat dan sehat, untuk ibunya pun dalam kondisi sehat. Usai persalinan kami membawa bayi perempuan tersebut untuk dievakuasi ke Puskesmas Cihurip untuk penanganan medis lebih lanjut. Namun sang ibu yang mengalami gangguan kejiwaan menolak di evakuasi dan ingin menetap di saung tersebut.” Kata Revie.

“Keesokan harinya si ibu sempat hilang dan alhamdulillah berhasil kami temukan dibawah jembatan, rencananya kami akan evakuasi ke tempat yang lebih layak dan kami telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial untuk langkah selanjutnya.” Sambungnya.

“Kini Bayi perempuan yang baru berusia tiga hari ini rencananya akan diadopsi oleh seorang warga yang tinggal di Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut Jawa Barat.” Pungkasnya.

RED//HMS

Posting Komentar

0 Komentar