Monitoring ketersediaan air bersih di sumber mata air cicaneang bersama petugas PDAM


Metroaktualnews.com// Sumedang
-  Sebuah kegiatan monitoring yang krusial telah dilakukan di Dusun Jelegong, RT 02, RW 02, Desa Haurkuning, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini melibatkan Bhabinkamtibmas dari Desa Haurkuning dan Desa Citepok, Polsek Paseh, Aipda Jajat Sujatmika, yang bertujuan untuk memeriksa ketersediaan dan debit air di sumber mata air Cicaneang. Senin (9/10/2023)

Dalam proses monitoring ini, Bhabinkamtibmas mendapatkan penjelasan penting dari Petugas Jaga PDAM. Beberapa poin informasi yang diperoleh antara lain:

1. Debit air di sumber mata air Cicaneang tetap stabil, meskipun musim kemarau berlangsung cukup panjang. Debit air ini berada dalam kisaran 20 hingga 30 liter per detik, menjelaskan bahwa pasokan air masih terjaga dengan baik.

2. Sumber mata air Cicaneang tetap menjadi sumber air utama bagi beberapa wilayah, termasuk Desa Malaka, Desa Sukatali, dan Desa Pamulihan di Kecamatan Situraja. Selain itu, juga memasok ke wilayah Kecamatan Paseh, seperti Desa Haurkuning, Desa Citepok, dan Desa Cijambe.

3. Meskipun musim kemarau yang cukup ekstrem, ketersediaan air di sumber mata air Cicaneang tidak terganggu bahkan tidak mengalami penurunan signifikan dalam pasokan air ke wilayah yang dilayani oleh PDAM Tirta Melad Sumedang.

Hasil dari kegiatan ini bukan hanya pemantauan ketersediaan air yang penting untuk keberlanjutan pasokan air bagi masyarakat, tetapi juga sebagai ajang silaturahmi yang memperkuat hubungan dengan petugas jaga Sumur dari PDAM Tirta Melad Sumedang. Dengan kerjasama yang baik, diharapkan pasokan air akan terus terjaga untuk kepentingan masyarakat di berbagai wilayah yang bergantung pada sumber mata air Cicaneang.

RED//HMS

Posting Komentar

0 Komentar