Aceng Syamsul Hadie : Kongres AWI ke 4 untuk Membangun AWI Sebagai Organisasi Profesional Yang Berkualitas Dan Bermartabat


Metroaktualnews.com
- Setiap komunitas apapun namanya diperlukan proses iklimium menuju tahap peningkatan kualitas, maka perubahan adalah sebuah keniscayaan. Menghitung hari, prosesi Kongres AWI Ke 4 akan dilaksanakan besok dan ini merupakan jembatan emas untuk mewujudkan sebuah organisasi kewartawanan yang profesional berkualitas dan bermartabat. Ini adalah harapan semua anggota AWI di seluruh Indonesia.(14/11/2023)

Untuk mewujudkan harapan diatas, maka AWI diperlukan langkah-langkah tepat agar perubahan ini bisa dilaksanakan dengan cepat, antara lain;

A. Konsolidasi Internal.

Sebelum AWI tampil keluar untuk turut meramaikan dunia pers khususnya terlibat langsung dalam membangun dan mewujudkan Insan Pers Nasional yang merdeka dan bertanggung jawab, seyogyanya AWI terlebih dahulu untuk melakukan penataan dan pembenahan di internal organisasinya. Antara lain; 

Pertama, Melakukan perubahan Anggaran Dasar dan Rumah Tangganya disesuaikan dengan kondisi kekinian. Kedua, Menata ulang kepengurusan disetiap lini dari mulai pusat sampai bawah dengan memperkuat struktur organisasi yang profesional, Ketiga, Membangun komunikasi secara aktif antar pengurus pusat dengan pengurus di daerah sehingga segala masalah yang hadapi oleh anggota AWI se Indonesua bisa teratasi dengan cepat dan tepat. Keempat, Meningkatkan kualitas jurnalis AWI dengan membuka dan mengadakan pelatihan-pelatihan kejurnalistikan berjenjang sampai mengikuti UKW dan SKW yang legal menurut lembaga independen yaitu BNSP (Badan Nasional Serfikasi Profesi) dan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi). 

BNSP adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah Republik Indonesia untuk menjamin kualitas SDM yang terkait dengan profesi disegala bidang. Dalam menjalankan tugasnya, BNSP memberikan sertifikasi kompetensi profesi sesuai dengan bidang keahliannya. Sedangkan teknisnya, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang sudah mendapatkan lisesnsi-lah yang melakukan pemberian sertifikasi.

B. Konsolidasi Eksternal.

Peran pers sebagai pilar keempat dari demokrasi, yaitu memperjuangkan hak-hak untuk membangun ekosistem pers yang sehat dan mengembangkan kemerdekaan pers yang bertanggung jawab, maka AWI diharapkan dapat  melakukan koordinasi dengan instansi dan institusi pemerintahan serta organisasi-organisasi wartawan yang lain, serta dewan pers dan  lembaga-lembaga independen yang intens dan peduli terhadap nasib insan pers nasional, AWI harus bekerjasama dan duduk sejajar bersama mereka  dalam mengambil peran dan fungsi sebagai organisasi wartawan.

Koordinasi dan bekerjasama dengan mereka adalah langkah politik yang cerdas, apalagi memberikan sumbangsih atau ide dan gagasan bagaimana membangun kemerdekaan pers yang seluas-luasnya dan profesional sesuai kode etik jurnalistik sehingga terpelihara dari gangguan oknum yang tidak bertanggung jawab yaitu adanya  praktek-praktek kejahatan yang sering dialami dan dihadapi oleh insan pers nasional, seperti intimidasi, persekusi, kriminalisasi dan diskriminasi terhadap wartawan.

C. Suksesi Kepemimpinan.

Suksesi kepemimpinan adalah proses pergantian jabatan pimpinan dari satu generasi ke generasi lainnya untuk memimpin suatu kelompok atau organisasi dengan tujuan agar kepemimpinan bisa terus berjalan. 

Suksesi kepemimpinan yang tidak disiapkan terlebih dahulu dapat mengakibatkan konflik dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu perencanaan suksesi menjadi penting karena pada hakekatnya bertujuan mempertahankan dan mengembangkan standar kesempurnaan dari performa organusasi serta kompetensi yang dimiliki.

Dalam proses penyeleksian dan penjaringan calon pemimpin harus terbuka dan transparan, serta diberi ruang khusus bagi para  calon untuk menyampaikan visi dan misi agar bobot pemilihan semakin berkualitas dimana ide dan gagasan dari calon bisa diperbebatkan dan diuji.

Maka proses suksesi kepemimpinan seperti ini akan melahirkan kepemimpinan berkualitas, terhormat dan bermartabat  serta mendapat legitimasi dan dukungan penuh dari seluruh unsur organisasi. 

Demikian, semoga wacana ini bisa menjadi bagian inspirasi pelaksanaan Kongres AWI ke 4 berjalan dengan baik sesuai harapan kita semua dalam membangun AWI sebagai organisasi profesional yang berkualitas dan bermartabat.


Penulis : 
Aceng Syamsul Hadie, S.Sos., MM.
Ketua DPD AWI Jawa Barat..

Posting Komentar

0 Komentar