Jalan Penghubung Kec. Cugenang Tepatnya Desa Wangunjaya Dan Kec. Cianjur Desa Babakan Karet Terjadi Longsor


 
CIANJUR, Metro Aktual

Jalan penghubung antar-kecamatan  tepatnya Di Kp. Sungaren RT 02 RW 06 di Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, terputus.

Jalan tak bisa dilalui kendaraan setelah bukit pesawahan setinggi 30 meter yang berada di pinggirnya longsor setelah diguyur hujan deras, Sabtu Kemarin (2/12/2023). 

Longsoran berupa tanah lumpur dan pepohonan besar menutupi seluruh badan jalan sepanjang 100 meter dengan ketebalan material mencapai 3 meter.  

Kepala Desa Wangunjaya, Bpk Misbahudin, mengungkapkan, bukti pesawahan tersebut longsor setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama satu pekan terakhir. 

"Akibat tanah longsor tersebut jalur penghubung antar-kecamatan tidak bisa dilalui kendaraan mobil atau pun motor karena tertutup lumpur, batu, dan pepohonan," ucap Misbahudin saat dihubungi, Sabtu. 

Dia mengatakan, tak ada korban jiwa dari peristiwa itu.

"Sempat khawatir, takut ada warga yang sedang di sawah ataupun pengendara yang melintas saat kejadian. Dari hasil pengecekan dipastikan tidak ada korban jiwa ataupun luka," ucapnya.

Menurutnya, warga yang biasa menggunakan jalan tersebut terpaksa harus melintasi jalur lain yang jaraknya lebih jauh. 

"Aktivitas sosial, ekonomi, kesehatan, dan pendidikan warga setempat sangat terhambat. Saat ini warga harus menempuh jarak belasan kilometer untuk sampai di kota kecamatan," ucapnya.

Dia menambahkan, pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut ke BPBD Kabupaten Cianjur, Dan Alhamdulillah Team BPBD, Babinsa, Babinmas Sangat responsif terjun lansung ketempat terjadinya longsor membatu masyarakat membereskan longsoran tersebut, 

"Misbahudin sangat berterima kasih kepada pihak2 terkait yang sudah sangat responsif membantu membereskan longsoran tersebut" Pungkasnya ( Marwan Yusup )

Posting Komentar

0 Komentar