Samsat Kota Serang Berkeyakinan Target Pendapatan Tahun 2024 Akan Tercapai



Metroaktual news com 
Serang -Metro Aktual News.Com.Pelayanan di kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap)atau pelayanan UPTD PPD (Pelayanan Pendapatan Daerah ) Kota Serang Provinsi Banten terus di tingkatkan.
 
 Kini pihaknya tetap fokus mencapai terget pendapatan yang diberikan kepada Samsat Kota Serang oleh Bapenda  (Badan Pendapatan Daerah ) Banten dengan membangun kesadaran masyarakat wajib  membayar pajak.hal ini di sampaikan kepala  UPT Samsat Kota Serang .Elis Pancawati.S.Sos.MA pada wartawan Selasa tanggal 26/03/2024 di ruang kerjanya.

Tahun ini,  Samsat Kota Serang mendaptkan target pendapatan sebesar Rp 257 miliar dari sektor pajak kendaraan bermotor (PKB) Tahun 2024 dan pajak daerah lain yang menjadi kewenangan Pemprov Banten.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya maksimal membangun kesadaran bayar pajak bagi wajib pajak. "Meskipun situasi perekonomian saat ini kurang stabil, kami optimis target pendapatan bisa tercapai, bahkan lebih. Kuncinya adalah membangun kesadaran bayar pajak dan pelayanan terbaik," kata Elis.

Elis mengatakan, keyakinan target pendapatan di Tahun 2024 bisa tercapai, karena melihat pada tahun sebelumnya capaian pendapatan pajak di UPT Samsat Kota Serang pada 2023 bisa melebihi target yakni sebesar Rp244 miliar. "Tahun lalu lebih dari 100 persen targetnya,makanya tahun ini kami juga yakin bisa melebihi target," kata Elis.

Menurutnya, realisasi pendapatan daerah sektor pajak kendaraan bermotor di UPT Samsat Kota Serang hingga 25 Maret 2024 sudah mencapai 23,10  persen dengan jumlah realisasi pendapatan mencapai Rp 58 miliar.

Sejumlah upaya yang dilakukan dalam pencapaian target pendapatan tersebut, kata dia, diantaranya dengan optimalisasi pelayanan bayar pajak melalui tiga gerai Samsat yang ada di wilayah Kota Serang yakni di Jalan Ahmad Yani, di Kepandean dan gerai Samsat Ramayana serta gerai induk yang ada kantor Samsat Kita Serang. Selain itu, kata Elis, juga optimalisaai pelayanan di tiga Samsat Keliling (Samling ada tiga, yakni di Alun-alun Kota Serang, Stadion Maulana Yusuf dan di Perumahan KSB Kota Serang. "Kami juga MoU dengan Mall Pelayanan Publik Kita Serang serta prigram KBMDU,”  cetusnya.

 Ia mengatakan, program atau Kendaraan Belum Melakukan Daftar Ulang (KBMDU) yakni melalui tim di Samsat Kota Serang yang mendatangi langsung pada wajib pajak, untuk menyampaikan pemberitahuan tagihan pajak atau waktu daftar ulang kendaraan serta pengecekan data-data serta alamat pemilik kendaraan.

"Tujuan utamanya mengingatkan waktunya bayar pajak serta membangun kesadaran bayar pajak. Selain datang ke rumah-rumah, kadang juga di lokasi parkir atau dimana terdapat kendaraan belum bayar pajak itu berada," tandas Elis. (Gun)

Posting Komentar

0 Komentar