Pilkada Sumedang : Relawan Semut Ireng Dorong Erwan - Irwansyah Bersanding ".

"Metroaktual News com 
SUMEDANG - Tensi politik menuju helatan Pilkada Sumedang 2024 tampaknya mulai menghangat. Hal ini ditandai dengan menjamurnya beberapa baligo figur yang digadang-gadang punya niat ikut berkompetisi dalam suksesi kepemimpinan Sumedang.

Menanggapi hal itu, Ketua relawan Semut Ireng Sumedang (Relawan pendukung pasangan Pilplres Prabowo - Gibran), Unep Hidayat mengaku sangat antusias. Bahkan, ia memiliki ekspektasi tersendiri tentang calon pemimpin Sumedang di masa mendatang.

Kata Unep, ia bersama beberapa komunitas, aktivis atau asosiasi yang ada di Kabupaten Sumedang telah banyak menjalin komunikasi intens. Katanya, mereka berharap H. Erwan Setiawan, S.E dan Irwansyah Putra bisa bersatu untuk menjadi pasangan Bupati/Wakil Bupati Sumedang periode 2024 - 2029.

Menurut Unep, bila Erwan dan Irwansyah bersatu diyakini bakal mampu membawa Sumedang lebih baik.

"Saya ( Unep) kira pasangan ini (Erwan Setiawan - Irwansyah Putra.) akan sangat bagus bagi kemajuan Kabupaten Sumedang," tukasnya,
Alasannya menurut Unep, Erwan dan Irwansyah sama-sama memiliki pengalaman panjang dalam dunia politik. Erwan sangat berpengalaman di legeslatif dan eksekutif. Pun, dengan Irwansyah. Ketua DPC PDI Perjuangan Sumedang ini juga sudah sangat khatam di legeslatif.

"Tak bisa dipungkiri, Pak Irwansyah telah dua periode menjabat Ketua DPRD Sumedang. Bila mereka bersanding tentu akan sangat memudahkan keduanya dalam memajukan Kabupaten Sumedang. Lantaran, baik Pak Erwan maupun Pak Irwansyah pasti sudah faham betul tentang apa yang dibutuhkan Sumedang," beber Unep.

Alasan lain, Erwan dan Irwansyah ditopang Partai Golkar dan PDI Perjuangan. Yaitu, dua partai besar yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Sumedang.

"Bila digabungkan, kedua partai ini memiliki 18 kursi. Jumlah ini sudah lebih dari cukup untuk mengusung pasangan calon. Apalagi, saya dengar Pak Erwan akan membangun koalisi besar, tentu bakal sangat bagus bagi kondusifitas politik di Sumedang," paparnya.

Namun di luar alasan tadi, kata Unep ada satu alasan yang sangat prinsip. Yakni, Partai Golkar dan PDI Perjuangan memiliki keterwakilan kursi cukup signifikan di parlemen pusat. Hal tersebut bakal menjadi modal penting bagi pasangan Erwan - Irwansyah dalam hal membuka akses dan menurunkan anggaran dari pusat ke daerah bila ditakdirkan memimpin Sumedang, 
"Untuk bisa menjadikan Sumedang lebih baik tentu tak akan lepas dari yang namanya anggaran. Dan, saya kira hal ini bukan perkara sulit bagi keduanya untuk bisa menurunkan anggaran dari pusat ke daerah," jelas Unep.

"Lain halnya bila dipimpin oleh sosok yang kendaraan politiknya tidak memiliki wakil di parlemen pusat, saya rasa bakal cukup sulit bisa menurunkan anggaran. Jika demikian, bagaimana Kabupaten Sumedang bisa maju?" pungkasnya.

( edy ms).

Posting Komentar

0 Komentar