Kombes Roberto GM Pasaribu Janjikan Penghargaan Polantas Beri Jalan Ambulans Bawa Pasien Serangan Jantung

Metroaktual news com 
Bandara Soetta - Kapolresta Bandara Soekarno Hatta Kombes Roberto GM Pasaribu janjikan penghargaan untuk anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) Briptu Dian Setiawan yang memberi jalan urai kemacetan untuk ambulans yang membawa pasien dengan serangan jantung.

Sadar bahwa orang yang sakit jantung sedang berpacu dengan waktu, Kombes Roberto Pasaribu menilai respons cepat Briptu Setiawan merupakan tindakan tepat demi menyelamatkan nyawa manusia.

"Aksi kemanusiaan seperti itu merupakan tindakan mulia yang patut diberikan apresiasi dan reward (penghargaan) agar dapat lebih memotivasi yang bersangkutan sekaligus jadi teladan bagi personel lainnya," kata Kombes Roberto Pasaribu dalam keterangannya, Rabu 1 Maret 2023.

Apa yang dijanjikan Kombes Roberto Pasaribu itu sejalan dengan penekanan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengatakan bahwa setiap anggota yang berprestasi akan mendapatkan reward atau hadiah. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya reformasi Polri, khususnya perbaikan kultural instansi.

Dengan penghargaan yang diberikan, Kombes Roberto Pasaribu berharap, anggotanya dapat termotivasi untuk selalu berbuat kebaikan di mana pun dan kapan pun berada di tengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, hal itu penting untuk dilakukan agar Polri semakin dicintai masyarakat dan dapat menimbulkan kesan di masyarakat ketika ingat Polri maka yang muncul dibenaknya adalah polisi baik, polisi penolong.

"Ini sebagai tindak lanjut program Bapak Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, yakni program Ada Polisi, yang kemasannya adalah selalu berbuat kebaikan di mana pun dan kapan pun," kata Kombes Roberto Pasaribu.

Sebelumnya, sebuah ambulans yang membawa seseorang yang mengalami serangan jantung mengalami ketersendatan karena kemacetan lalu lintas saat akan menuju ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat.

Saat itu, Rabu sore, beberapa ruas jalan di sekitar Bandara Soekarno Hatta memang terjadi penumpukan kendaraan akibat hujan dan genangan air.

Secara kebetulan waktu itu ada Briptu Dian Setiawan, personel BM Satlantas Polresta Bandara Soekarno Hatta yang sedang mengurai kemacetan lalu lintas di Pertigaan Mie Ayam dari Bandara Soekarno Hatta arah Tangerang, Banten.

Melihat ada ambulans yang lajunya tersendat akibat kemacetan, Briptu Dian Setiawan langsung mengawal ambulans tersebut, mengurai kemacetan untuk memberi jalan ambulans, dan mencari jalan alternatif agar pasien cepat bisa sampai di rumah sakit.

"Pada saat terjadi kemacetan di Jalan Parimeter Selatan akibat banjir atau genangan air di Rawabokor, ada ambulans yang membawa orang serangan jantung, tidak bisa lewat. Saya berinisiatif mengawal ambulans tersebut mencari jalan alternantif lain," ungkap Bripru Dian Setiawan.

Dalam sebuah video yang beredar, tampak Briptu Dian Setiawan yang mengendarai sepeda motor BM Lantas menghalau kemacetan di tengah hujan saat langit mulai gelap demi memberi jalan bagi ambulans tersebut.

( Red )

Posting Komentar

0 Komentar