Dana 60 jt untuk BUMDes, Mekar Mulya, tidak jelas pertanggung jawabannya ketua bendahara dan pendamping diduga main sabun "


"  Metroaktual news com 

Sumedang,  BUMDes  Mekar Mulya, yang berada di Desa Tanjungmedar Kecamatan Tanjungmedar menerima suntikan dana dari anggaran Danar Desa tahun aaran 2022/2023,  sebesar 60 juta  pemanfaatanya tidak maksimal. 

Suntikan dana tersebut konon dipergunakan pengembangan ikan lele dan entok?? Sementara Ketua BUMDes Mekar Mulya  Desa Tanjungmedat Saudara Yaya,  Bendahara Saudara Uhat dan Badan Pengawas saudara Uhi. 

Hasil investigasi di lapangan banyak informasi yang masuk bernada miring  terkait keberadaan Bumdes MekarMulya  Desa Tanjungmedar.  Salah satunya keberadaan peternakan ikan lele yang katanya merugi menurut keterangan Uhat( bendahara). 

Selanjutnya pengadaan ternak entok yang tidak jelas berapa jumlahnya,  ini patut di evaluasi oleh pihak pengawas,  tapi sepertinya tidak Transfarant alias tertutup,  sampai sekretaris BUMDes mengundurkan diri akibat tidak terbuka.
sementara pihak Desa harus ikut mengawasi terkait bantuan hibah dari dana Desa tidak boleh dibiarkan,  karena itu bisa sebagai PADes. 
Perlu dievaluasi setelah menerima suntikan dana tersebut harus jelas implementasinya  termasuk pendamping kurang pengawasan,  ini patut jadi bahan pemeriksaan dari pihak APH. 

Menurut informasi yang masuk ke awak media,  dan pengakuan pendamping akan dikumpulkan di Desa, semua pengurus BUMDes tersebut,  namun sepertinya ada bau rekayasa terkait SPJ yang dibuat, termasuk berapa sisa saldo yang ada,  sebagai penyertaan modal tersebut,  kalau memang rugi apa habis termasuk modalnya ??. 

(Edy ms).

Posting Komentar

0 Komentar