Pemberdayaan Koramil Model di Kodim 0712 Tegal Resmi Dibuka




Metroaktualnews.com // Tegal - Dalam upaya pembinaan teritorial, adanya Koramil Model dinilai sangat penting demi terwujudnya program teritorial di Satuan TNI-AD, khususnya di setiap Kodim, Pemberlakuan Koramil Model itu, kali ini dilakukan oleh pihak Korem 071/Wijayakusuma. Pembentukan Koramil itu, ditujukan di wilayah teritorial Kodim 0712/Tegal.

Kepala Staf Kodim 0712/Tegal Mayor Cba Eko Budi Sardjono membacakan amanat Dandim 0712/Tegal menyampaikan setidaknya terdapat 50 Bintara dan Tamtama yang berasal dari berbagai Satuan Tempur, maupun Satuan Bantuan Tempur perwakilan Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma yang dilibatkan dalam kegiatan itu.

"Kegiatan Koramil Model tahun 2023 kali ini mengangkat tema " Dengan Pendayagunaan Koramil Model Tingkatkan Profesionalisme Guna Mewujudkan Kemanunggalan TNI Rakyat Untuk Mendukung Pembangunan Nasional” Ucap Kasdim 

Lanjutnya,wawasan yang kita berikan ini singkat. Terutama menyangkut adanya ilmu teritorial. Jadi, ini harus bisa dimanfaatkan dan dipahami dengan sebaik-baiknya," ujarnya. Senin, (22/05/2023).

Pembekalan yang berlangsung di Makoramil 01/Tegal Barat Kodim 0712/Tegal, kata dia, meliputi adanya ilmu teritorial. Pasalnya, sebagai Satuan Komando Kewilayahan, pastinya sangat berbeda dengan Satuan Tempur maupun Satuan Bantuan Tempur.
"Terutama berkaitan dengan pola pikir. Sebab, Aparat Komando Kewilayahan harus bisa memberikan kesan, dan menghilangkan kesan kaku di masyarakat," pungkasnya.

Pendayagunaan Koramil model ini difokuskan pada peningkatan sumber daya manusia, yang telah bertugas sebagai Babinsa maupun personil baru yang akan bertugas di wilayah tanggung jawabnya, disamping pelaksanaan tugas pokoknya sebagai Satkowil Koramil model juga menyelenggarakan berbagai kegiatan latihan yang bersifat pembekalan pendahuluan dan latihan berupa penyegaran aplikatif sehingga kompetensi Babinsa di wilayah Kodim dapat mengimbangi dinamika kehidupan masyarakat suatu wilayah.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan pemberdayaan ini adalah untuk mewujudkan kemampuan Koramil model untuk melaksanakan fungsinya serta meningkatkan kemampuan aparat komando kewilayahan dalam pelaksanaan pembinaan teritorial dengan sasaran sebagai berikut :1) Terpeliharanya dan meningkatnya kemampuan yang dapat berinteraksi dengan Situasi dan kondisi masyarakat melalui kegiatan Binter di wilayah2) Terwujudnya mental disiplin dan semangat yang tangguh dan profesional3) Terwujudnya dan terpeliharanya kemanunggalan TNI dan rakyat. 

Kegiatan pendayagunaan Koramil model para peserta lebih akan diberikan materi pembekalan berbagai permasalahan yang berhubungan diantaranya pengetahuan teritorial pengetahuan militer umum pengetahuan sosial atau aplikasi pendukung dan aplikasi lapangan dengan diselenggarakannya kegiatan pendayagunaan Koramil model ini, saya berharap kan membawa peningkatan kualitas pengabdian yang lebih baik dan berkualitas

Sumber: (Pendimtegal)
Pewarta : Wawan Bambang AK

Posting Komentar

0 Komentar